Saturday, April 14, 2012

PERBEDAAN SHARED HOSTING LINUX DAN WINDOWS

Di dunia shared hosting, server hosting Linux dan Windows merpakan dua posisi teratas yang banyak di tawarkan. Merskipun kalau kita lihat sekilas mempunyai fungsi yang sama. Namun perlu anda ketahui, ada perbedaan antara linux dan windows shared hosting.



  1. Sistem Operasi: Linux hosting dapat berjalan pada OS linux seperti Ubuntu, Redhat, CentOS, Debian dll. Sedangkan Windows menggunanakan Windows Server. Tapi ini bukanlah suatu hal yang penting untuk diperhatikan karena anda dapat memilih salah satu Operating sistem yang menurut anda paling mudah / disukai.
  2. Security / Keamanan: Ini merupakan hal yang vital bagi semua orang yang menggunakan jasa hosting, baik itu yang menggunkan Linux ataupun windows. Tetapi pada saat sekarang ini, banyak orang yang memiliki persepsi kalau linux itu jauh lebih aman dibandingkan dengan windows, padahal itu salah besar. Windows juga sebenarnya memiliki keamaanan yang canggih dan selalu terupdate, hanya semua itu tergantung kepada perusahaan yang menyediakan jasa layanan hosting tersebut. Apakah perusahaan tersebut dapat memberikan keamanan yang baik untuk layanan hostingnya.
  3. Cost / Biaya: Kita semua tentu sudah tahu kalau hampir semua OS linux adalah open source alias bebas biaya. Ini mungkin salah satu keunggulan kenapa banyak perusahaan yang menggunakan linux sebagai server karena tak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar lisensi. Sedangkan Windows, segala sesuata perlu mengeluarkan duit untuk meng-Install service ke windows, hal ini tentu memberatkan di sisi biaya. (tetapi hukum pasar tetap berlaku, ada uang pasti ada kualitas.... tapi sampai sekarang saya masih belum tau apa kelebihannya... hehe.. )
  4. Performance / kinerja: Linux pada umumnya lebih stabil dan mampu memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan windows ketika Sistem Operasi dituntut untuk menangani banyak proses dalam waktu yang sama.
  5. Server Access / Akses server: Jika anda ingin SSH or Telnet access, seperti anda ingin melakukan akses file langsung ke server tanpa mentransfer ke penyimpanan lokal, tentu linux memberikan keuntungan lebih. Sedangkan untuk windows lebih mengunggulkan dengan menggunakan remote desktopo atau virtual console.
  6. Language support / dukungan bahasa: Yang dimaksud bahasa disini adalah bahasa pemrograman yang di dukung dari Linux dan Windows. Dalam hal dukungan bahasa pemgrograman, nampaknya windows masih lebih unggul. Di windows, kita dapat mengimplementasikan bahasa ASP.NET, PHP, Ruby, Access, MySQL, HTML, Javascript, dan banyak lagi. Sedangkan linux terbatas hanya beberapa bahasa pemrograman yang open source saja.
  7. FileNames / Nama File: Jika anda menggunakan server Linux, nama file seperti test.html dan Test.html adalah nama yang berbeda tetapi pada server Windows mereka adalah nama file yang sama.
  8. Ease of User / Kemudahan penggunaan: Jika anda lebih menyukai tampilan GUI, mungkin windows adalah pilihan yang tepat. Tapi jika anda penyuka CUI (alias console) mungkin linux adalah pilihan yang tepat. Tapi pada umumnya banyak yang ahli jaringan / server lebih menyukain menggunakan console dibandingkan dengan GUI.
  9. Downtime: Server hosting Windows sering membuang waktu yang berharga dari para penggunanya dikarenakan downtime yang lebih lama dibandingkan dengan linux. Selainitu, Windows lebih membutuhkan sumber daya (hardware) yang lebih besar untuk memulai suatu proses, ini berarti saat melakukan reboot windows akan memakan waktu yang lebih lama.
Sekarang mungkin anda telah mendapat gambaran akan perbedaan antara menggunakan hosting Linux dan Windows, mungkin saja ini bisa menjadi acuan manakah yang paling tepat layanan hosting yang akan digunakan sebagai investasi dari bisnis anda yang paling menguntungkan dari segi finansial, waktu, dan biaya.

Saya berharap informasi perbedaan antara Shared Hosting menggunakan Linux dan Windows ini dapat berguna. ^_^

Reactions:

0 comments:

Post a Comment